Tuesday, May 19, 2009

Manipulasi Kinerja Komputer

Tuesday, May 19, 2009
Saya menggunakan Sistem Operasi Windows XP Professional (5.1, Build 2600) dengan prosesor Intel® Pentium® 4 CPU 2.4 GHz , RAM 992Mb, hard disk 20 Mb, memory VGA 32 Mb. Adalah sebuah kesatuan yang pas-pasan untuk bermain internet dan grafis, serta game. Mau ngga mau aku harus menyetting komputerku pada kondisi teroptimal supaya bisa memenuhi kabutuhanku. Nah beberapa yang saya lakukan,

*Tips no. 1-5 dikutip dari http://arismawan.myindo.net dengan judul “Beberapa hal yang saya lakukan untuk meningkatkan kinerja komputer.”

Perhatian: tweaking ini tentu saja berlaku untuk Sistem Operasi windows xp. Kalo windows vista maupun 7, saya belum mencobanya… :p

1. Hardisk dengan kapasitas 20 GB aku buat 3 partisi dengan kapasitas masing-masing sebagai berikut: C=10 GB, D=9 GB, E=1 GB. Kenapa saya menambahkan 1 partisi sebesar 1 GB? Yaa untuk tempat virtual memorynya. Nanti akan saya terangkan ketika kita udah masuk ke tweaking windownya.

2. Saya matikan apa yang mereka sebut dengan “System Restore” sebuah fasilitas dari windows
untuk “menormalkan” kembali windows apabila terjadi kerusakan dengan jalan mengembalikan semua settingan window ke kondisi yang tersimpan oleh fasilitas ini. Dari fungsinya tentu saja akan membuat windows bekerja lebih “giat” untuk menyimpan kondisi2 tertentu supaya nantinya bisa digunakan untuk patokan pengembalian settingannya. Silahkan buka control panel anda kemudian pilih system maka jendela system akan keluar. Pada jendela system anda lihat beberapa tab, pilih yang System Restore. Sekarang anda bisa mematikan system restore dengan mengklik checkbox dengan keterangan Turn off system restore on all drive. Trus silahkan di Apply, atau nanti juga boleh…

3. Automatic Update?? NO WAY !!! Silahkan klik tab “automatic Update” dan kemudian ikuti instruksi di tab itu untuk mematikannya. Automatic update merupakan fasilitas yang berguna untuk mengautomatisasikan proses pembaruan website anda dengan mengkoneksikan computer kita dengan servernya Microsoft untuk kemudian secara otomatis mendownload dan mengaplikasikan file2 untuk mengupdate. Ow,… saya tak memerlukan fasilitas ini. Biarlah otak computer saya tak terlalu terbebani dangan hal-hal semacam itu,… kasihan

4. Anda suka dengan tampilan default window? Saya sudah bosan dengan animasi dan grafis semacam itu. Saya tidak perlu mempunyai operating system yang penuh dengan kerlap-kerlip. Maka dari itu, masih di dalam jendela system, saya klik tab performance kemudian memilih tombol setting pada frame performance (frame paling atas). Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan pilih “adjust for best performance”. Eit,… jangan keburu diOK dulu, di jendela itu klik tab advanced kemudian klik tombol change pada frame virtual memory. Nah disitu akan tertampil 3 partisi yang kita buat. Silahkan mematikan paging file dari drive C dan D dengan mengklik terlebih dahulu pada list kemudian klik radiobutton “no paging file” kemudian klik set. Lakukan ini untuk drive C dan D, kemudian untuk E yang berkapasitas 1 giga kita buat sebagai tempat paging file kita. Klik pada list (bagian drive E) kemudian klik pada “system managed size”, kemudian klik tombol set. Setelah itu klik OK-OK terus sampai ada pesan untuk direstart. Dan sebaiknya jangan direstart dahulu karena ada sedikit perubahan registri yang akan kita lakukan.
Windows akan menggunakan kapasitas dari hardisk untuk mendukung memory fisik, jadi dengan membuat drive sendiri untuk tempat virtual memory,… pasti akan lebih mempercepat kinerjanya.
*Mulai dari poin 5 hingga seterusnya, semua dilakukan melalui regedit.

5. Ketika anda mengklik start menu akan terasa ada semacam delay ketika kita berpindah antar menunya. Nah akan terasa sangat menjengkelkan bukan untuk menunggu sub menu muncul. Kita lakukan sedikit modifikasi pada registrinya. klik run kemudian ketik regedit. Klik OK. Akan muncul jendela registry. klik HKEY_CURRENT_USER > control panel > Desktop. Kemudian cari MenuShowDelay dan ubah propertinya menjadi 0. Tutup jendela registry anda kemudian restart

6. Menon-aktifkan animasi pada win XP. Animasi ini terlihat pada saat kita minimize sebuah window. Walaupun sesaat, tapi tetap menggunakan resource proses CPU. Animasi dapat di-disable-kan dengan cara; klik HKEY_CURRENT_USER > control panel > Desktop > windowmetrics. Klik ganda pada MinAnimate, masukkan angka 1 untuk menon-aktifkan animasinya.

7. ClearType pada Logon Screen. Layar logon screen yang selalu biru dan bertuliskan “welcome” pada posisi default. Berikut ini trik untuk mengganti layar logon menjadi tanpa tulisan; klik HKEY_USERS>.DEFAULT>Control Panel>Desktop. Klik ganda FontSmoothingType dan masukkan angka 2 pada value data.

8. Mengaktifkan Fast User Switching. Trik ini untuk mempercepat perpindahan antar user (jika computer Anda mempunyai lebih dari satu user yg terdaftar). Gunakan regedit berikut ini; HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE> Microsoft>Windows NT>CurrentVersion>Winlogon.Buat sebuah DWORD value, dan beri nama AllowMultipleTSSessions, klik ganda, dan masukkan angka 1 pada Value data.

9. Menon-aktifkan Passport Balloon Reminder. Ballon reminder terkadang mengganggu kerja, tetapi tak jarang juga member solusi dan menolong kita. Bagi saya, saya tak memerlukan fasilitas ini. Biarlah otak computer saya tak terlalu terbebani dangan hal-hal semacam ini… Cara menghilangkan fitur ini; klik HKEY_CURRENT_USER>Software>Microsoft>MessengerService, buat sebuah Binary value baru dengan nama PassportBallon, klik ganda, dan masukkan 0a 00 00 00 pada value datanya.

10. Menon-aktifkan peringatan di StartUp. Peringatan ini terkadang muncul apabila mengalami gangguan pada system. Kita bisa saja menghilangkan peringatan ini dengan modifikasi registry pada; HKEY_LOCAL_MACHINE> SOFTWARE>Microsoft>Windows NT>CurrentVersion>Windows, buat sebuah DWORD value dengan nama NoPopUpsOnBoot, klik ganda, dan masukkan angka 1 pada value datanya.

11. Restart dengan cepat. Memang tidak sabar menunggu waktu jika sedang restart, apalagi spesifikasi hardware computer kita tak begitu tinggi. Ingin lebih cepat> Ubah registry-nya dengan; HKEY_LOCAL_MACHINE>Software> Microsoft>Windows NT>CurrentVersion>Winlogon, buatlah String value baru dengan nama KeepRasConnections dan diberi nilai 1 pada data value.

12. Menyingkirkan Pinned Program dari Start Menu. Sistem pada windows merekam
semua aktivitas penggunaan sebuah program. Apabila ingin menyingkirkannya, gunakan registry ini; HKEY_CURRENT_USER>Software>Microsoft>Windows> CurrentVersion>Policies>Explorer
dan
HKEY_LOCAL_MACHINE>Software>Microsoft>Windows> CurrentVersion>Policies>Explorer
Di kedua registry tsb, buat sebuah DWORD value baru dan beri nama NoStartMenuPinnedList, klik ganda, dan masukkan angka 1 pada value datanya.

13. Menghilangkan tampilan Status Messages. Fitur ini berfungsi sebagai sarana informasi untuk pengguna. Jika Anda ingin menghilangkan Status Messages Log On, Log Off, Start Up, dan Shutdown, lakukan cara ini; klik HKEY_LOCAL_MACHINE>Software>Microsoft>Windows>CurrentVersion> Policies>System, buat DWORD value bernama DisableStatusMessages yang diberi nilai 1 pada value datanya.

14. Tweaking Memory pada WinXP. Kita dapat meningkatkan kinerja Windows dengan memanfaatkan memori. Apabila DisablePagingExecutive diaktifkan, Windows tidak akan melakukan paging file ke dalam hard disk. Sistem operasi dan program-program menjadi lebih responsif. Disarankan untuk computer yang memiliki memori lebih dari 128 Mb. Jika LargeSystemCache diaktifkan, system akan mengalokasikan seluruh memori untuk file caching. Komputer ajab melakukan caching kernel XP di dalam memori sehingga WinXP dapat berjalan lebih cepat. Cara melakukannya; klik HKEY_LOKAL_MACHINE>SYSTEM> CurrentControlSet>Control>Session Manager>Memory Management, klik ganda pada DisablePagingExecutive dan masukkan angka 1 pada value datanya, serta klik ganad pada LargeSystemCache dan masukkan angka 1 pada value data.

15. Mengoptimalkan hard disk saat computer dalam keadaan idle. Idle adalah keadaan di mana computer sedang dalam posisi hidup tapi tidak digunakan. Agar hard disk otomatis bekerja dengan optimal kembali saat kita menggunakan kembali dari posisi idle, ikuti langkah berikut ini; HKEY_LOCAL_MACHINE> Software>Microsoft>Windows>CurrentVersion>OptimalLayout, buatlah DWORD value baru yang diberi nama EnableAutoLayout, klik ganda, dan masukkan angka 1 pada value data.

16. Menonaktifkan reserved QOS bandwidth. Sistem computer memungkinkan sebuah program untuk memesan tempat dalam proses CPU. Tempat yang sudah dipesan itu tidak bisa digunakan oleh program lain. Jika kita mempunyai banyak program yang sejenis, maka tempat proses CPU kita akan sia-sia. Walaupun program tidak sedang digunakan, tempatnya tetap tidak bisa digunakan oleh program lain. Untuk menonaktifkan fungsi ini dapat dilakukan dengan cara; HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE>Policies>Microsoft> Windows>Psched, buatlah sebuah DWORD value dengan nama NonBestEffortLimit, klik ganda, dan masukkan angka 0 (hexadecimal) pada value datanya.

17. Otomatis mematikan aplikasi yang not responding. Sebuah program yang not responding akan mempengaruhi kestabilan seluruh system. Untuk menghindari kegagalan system, kita bisa melakukan trik yang langsung mematikan program yang not responding. Caranya sbb; HKEY_CURRENT_USER>Control Panel> Desktop dan HKEY_USERS>.DEFAULT>Control Panel> Desktop, klik ganda AutoEndTasks pada kedua registry tersebut, dan masukkan angka 1 pada value datanya.

18. Mengatur kecepatan repeat rate keyboard. Kecepatan repeat adalah kecepatan pada saat kita mengetikkan karakter yang sama. Kecepatan tersebut bisa diatur lewat; HKEY_CURRENT_USER>Control Panel>Keyboard, klik ganda pada KeyboardSpeed, dan masukkan nilai yang diinginkan. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat pula Repeat Rate-nya.

19. Mematikan fungsi blinking cursor. Jika kursor tidak ingin berkedip, lakukan; HKEY_CURRENT_USER>Control Panel>Desktop, buat String value baru dengan nama CursorBlinkRate dengan nilai value 1.

20. Membersihkan sampah registry. Hanya disarankan bagi pengguna advanced yang mengerti registry software mana saja yang akan dihapus.
HKEY_CLASSES_ROOT>Application
HKEY_CURRENT_USER>Software
HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE
Pilih salah satu subkey yang merupakan nama software yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol Del.

21. Membersihkan sampah uninstall.
HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE>Microsoft>Windows>Current Version>Uninstall
Hapus subkey yang memiliki nama yang sama dengan software yang telah di-uninstall.

22. Mempercepat proses shutdown WinXP.
HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>CurrentControlSet>Control
Klik ganda WaitToKillServiceTimeout dan ubah nilainya menjadi lebih rendah dari 2000.

23. Menon-aktifkan fungsi autorun.
Fitur ini menyarankan ataupun menjalankan beberapa program yang memungkinkan untuk digunakan membuka isi CD, flashdisk, dll. Dan dengan fitur ini, virus dan spyware mampu berjalan otomatis dengan meng-klik ganda FD ato CD. Untuk menon-aktifkannya; HKEY_CURRENT_USER>Software>Microsoft> Windows>Current Version>Policies>Explorer,
klik ganda NoDriveTypeAutoRun dan masukkan angka 95 pada value datanya.

24. Unload .dll untuk mempercepat akses memori. Untuk menambah akselerasi kecepatan memori, tutup file .dll yang tidak atau belum diperlukan. Untuk menutupnya, lakukan langkah berikut; HKEY_LOCAL_MACHINE>Microsoft> Windows>Current Version>Explorer, buat key baru (Edit > New > Key) dengan nama AlwaysUnloadDLL, dan berikan angka 1 pada Default Value-nya.

25. Menghapus pagefile pada saat shutdown.
Memori pengingat setingan atau semacam log file bisa otomatis dihapus agar tak terbaca oleh user lain dengan cara; HKEY_LOCAL_MACHINE>System> CurrentControlSet>Control>SessionManager>Memory Management, klik ganda ClearPageFileAtShutdown dan masukkan angka 1 pada value data-nya.

26. Menon-aktifkan winXP tour. Ini memang fitur bawaan windows, tujuannya untuk membantu pengguna pemula mengenai windows. Namun bagi pengguna advanced, tentu saja fitur ini mengganggu. Untuk menon-aktifkannya, dengan cara; HKEY_LOCAL_MACHINE>Software>Microsoft>Windows>Current Version>Applets>Tour, buatlah DWORD value baru (jika belum ada), dan beri nama RunCount dengan nilai 0 pada value data-nya.

27. Mempercepat akses pada file .AVI. File .AVI memang membutuhkan kecepatan tinggi untuk memutarnya. Untuk menambah kecepatan agar film yang ditampilkan kualitasnya lebih baik, maka bisa Anda ubah settinganya dengan cara; HKEY_CLASSES_ROOT>CLSID>{87D62D94-71B3-4b9a-9489-5FE6850DC73E}, ubah nama key tsb. Dengan menambahkan tanda minus ( - ) di depannya; -{87D62D94-71B3-4b9a-9489-5FE6850DC73E}

28. Mencegah aplikasi kehilangan focus perintah. HKEY_CURRENT_USER>Control Panel>Desktop, ubah nilai ForegroundLockTimeout menjadi 00030d40

Restart ato log off komputer Anda. Dan coba Anda rasakan perbedaanya, inilah beberapa cara yang saya gunakan untuk meningkatkan kecepatan windows saya.

Sumber : http://arismawan.myindo.net dan buku “365 Trik Registry Windows XP” terbitan mediakita.
Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment

 
◄Modified by Zaidil Firza, Original Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates