Monday, June 01, 2009

Sedikit Cerita Tentang Parkour

Monday, June 01, 2009
Hiks, aku sedih melihat hasil polling "Apa itu Parkour?" yang aku pajang di blog ini... Masyarakat masih dominan menganggap bahwa Parkour itu hanya sebatas permainan.. Terpaksalah, mau ga mau, saya mesti menjelaskannya...

Parkour adalah semangat hidup/filosofi yang memiliki metode bergerak dalam lingkungan dan melewati kendala/rintangan apapun; fisik maupun mental. Filosofinya meliputi hal-hal sebagai berikut:


• Berusaha untuk memahami dan memperbaiki diri melalui praktek Parkour.

• Menggunakan Parkour untuk membantu orang lain, baik dengan membantu seseorang mempelajari Parkour atau menggunakan keahlian Anda dalam situasi apapun.

• Menggali perkembangan mental dan fisik pada diri kita sendiri.




Bergerak sedemikian rupa, dengan setiap gerakan, yang akan membantu Anda mendapatkan yang paling efisien pada diri seseorang atau pengejaran terhadap suatu tujuan. Juga, ke manapun Anda pergi, Anda harus dapat kembali. Jika Anda pergi dari A ke B, Anda harus dapat kembali dari B ke A. Anda tidak perlu melakukan gerakan yang sama; tetapi hanya untuk mendapatkan "kembali".

Keterampilan ini tidak hanya berlaku untuk lingkungan perkotaan (urban), namun, dapat digunakan di mana saja; di hutan, gurun dll. Hal ini bukan hanya cara yang membuat Anda bergerak dengan Parkour, tapi gerakan gabungan dengan filosofi yang mendefinisikan sebagai Parkour.

Tapi ingat! Anda akan menemukan filosofi Parkour jika Anda mendalaminya, Anda tidak akan menemukan arti Parkour sesungguhnya jika Anda hanya melihat orang-orang mempraktekkan parkour. Karena ini sangat rumit. Tiap orang mengartikan Parkour, tiap orang punya rasa sendiri dari Parkour. Dengan kata lain Parkour itu relatif, "Personal Thing".

sumber: http://parkourpedia.com/about/what-is-parkour, Wawancara David Belle April 2009
penerjemah: Google Translate + Otak
Bookmark and Share

0 komentar:

Post a Comment

 
◄Modified by Zaidil Firza, Original Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates